Kulit Normal
1. Jenis kulit ini ditandai dengan kondisinya yang tidak terlalu kering, namun juga tidak terlalu berminyak.
2. Pori-pori kulit tidak terlalu besar.
3. Ditengah wajah masih terlihat segar dan bersih.
4. Jarang mengalami masalah jerawat. Hanya pada kondisi tertentu misalnya saat haid, atau saat metabolisme tubuh kurang baik, kadang ada jerawat.

Perawatannya :
1. Basuh wajah setiap hari hingga bersih dan gunakan sabun yang ringan, dan bersihkan wajah hingga terasa sedikit kasat.
2. Agar kondisi kulit tetap kenyal, halus dan bercahaya, pastikan sebelim tidur membersihkan wajah dari make up ataupun debu yang menempel. Gunakan cleansing milk khusus untuk kulit normal.
3. Beri kesempatan kulit untuk bernafas. Bebaskan satu hari dalam seminggu tanpa memakai make up wajah.
4. Penggunaan toner dan pelembab juga tetap diperlukan, guna menjaga stabilitas kelembapan alami kulit.

Jenis Kulit Berminyak :
1. Jenis kulit ini biasanya tipis dan bertekstur seperti kertas (sedikit kasar).
2. Jika disentuh kulit terasa kasar.
3. Setelah membasuh wajah dengan sabun, kulit terasa kencang.
4. Ditengah hari, biasanya kulit terasa kering, bahkan ada yang terasa gatal.

Perawatannya :
1. Perlawanan yang terbaik untuk menghindari kulit bersisik adalah dengan menggunakan pelembab. Kulit kering tidak baik dicuci dengan menggunakan air dingin dan sabun yang terlalu keras. Gunakan pelembab untuk memeberikan kesegaran pada kulit, juga jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral serta vitamin A,B,C, dan D.
2. Sebelum menggunakan lipstick, gunakan kain yang berbahan handuk yang lembut untuk menghilangkan kulit kasar dengan menggosoknya secara lembut. Setelah menggunakan lipstick, tambahkan sedikit vaselin untuk menjaga bibirmu agar tetap lembut dan terasa segar.

Jenis Kulit Berminyak
1. Kulit kombinasi tergolong normal dengan kecenderungan sedikit kering dan sedikit minyak.
2. Setelah mencici wajah sebagian area terasa kering dan sebagian area lainnya terasa lebih lembab.
3. Di siang hari, daerah T-zone mengilap, akibat produksi minyak yang berlebihan.

Perawatannya :
Kulit jenis ini perlu dibersihkan secara teratur, paling tidak tiga kali sehari. Juga malam hari sebelum tidur. Gunakan susu pembersih. Hindari makanan yang berminyak dan lakukan diet kaya protein serta batasi gula, minyak dan garam. Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Disamping itu, gunakan foundation dan sunscreen dari bahan dasar iar, serta hindari penggunaan bedak yang mengandung wewangian.

Jenis Kulit Kombinasi
Cuaca, mood kebiasan tidur, kondisi hormone tubuh dan penggunaan beragam jenis kosmetik perawatan kulit wajah dapat mempengaruhi keseimbangan dan kelembutan kulit. Flexibilitas dalam merawat kulit merupakan cara yang terbaik untuk mengatasi kulit kombinasi. Rawatlah area yang kering dengan krim pelembab alami serta rawatlah area yang berminyak dengan penyegar alami secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar