Hmmmmm....kali ini saya akan memposting tentang pakaian melayu....bukan pakaian adat melayu ya...tapi lebih ke arah pakaian sehari-hari masyarakat melayu...ada baju teluk belanga,cekak musang,kebaya labo...dll...langsung aja kita bahas 1 per 1...

1
.       Baju teluk belanga
Bentuk baju ini lehernya berkerah dan berkancing (kancing tep) kancing permata tergantung pada tingkat pemakai dan lengan baju panjang agak menutup pergelangan tangan yang lebar dan agak longgar. Baju teluk belanga biasanya dengan setelan baju dengan celana dan dilengkapi dengan kain samping dan kain pelekat. 

2.       Baju cekak musang
Istilah ini berhubungan langsung dengan pola lingkaran leher baju, tengkuk ‘cekak’ tinggi atau leher tegak empang leher.  Pengertian ‘cekak musang’ melambangkan imej alami untuk leher baju yang bercekak tinggi berdiri (2.5cm) melingkari leher.  Ukuran ditentukan oleh lingkaran (bulat) yang dibuat dengan ibu jari lain yang bertemu ujungnya. Bentuk baju ini hampir sama dengan baju teluk belanga hanya lehernya berkerah dan tidak berkancing,serta leher baju ke bawah yang ukurannya 5cm. Baju ini berkantong,kantongnya ada 3, 1 buah di dada sebelah kiri dan 2 buah di bawah. Setelan baju cekak musang adalah celana panjang sampai ke mata kaki dan penutup kepala adalah kopiah.

3.       Baju kebaya labo (panjang)
Pola baju belah panjang ini masih bersifat ‘mengurungkan’ anggota badan. Baju ini berbelah di bagian depan,panjang baju ini 3 kali kancing 4/5 buah,baju kebaya ini tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit.umumnya dipakai sebagai pakaian di luar rumah atau upacara rasmi. Baju belah panjang ini terkenal di Melaka, Perak, Selangor dan Kedah-Perlis. Baju kurung belah ini kemudian dikenal sebagai ‘baju panjang’ dan ‘kebaya labo’.

4.       Baju kurung
Baju kurung dianggap popular dan dipakai oleh lelaki dan perempuan. Perbedaannya terletak pada bagian kantong yaitu lelaki mempunyai tiga kantong dan perempuan mempunyai satu kantong serta perbedaan dari segi pemakaian. Pengertian kurung secara tidak langsung adalah ‘mengurung atau menutup’ anggota tubuh. Cara ini menepati konsep pakaian cara Melayu setelah kedatangan Islam, sehinggalah istilah ‘kurung’ diertikan sebagai baju yang longgar, labuh atau panjang. Sehingga disebut dengan berbagai nama misalnya ‘baju kurung bernyawa’ walaupun mempunyai berbagai nama namun baju kurung telah menampilkan ciri-ciri tersendiri. Ukurannya agak longgar,bagian leher di belah bulat, kain sebagai rok nya adalah sarung batik dan juga kain BK, penutup kepala boleh dilengkapi dengan selendang tipis/tudung likuk

5.       Baju gunting cina
Beju gunting cina tidak jauh beda dengan baju teluk belanga dan cekak musang, bentuk baju tersebut diatas berkerah,leher bulat,bagian depan berbelah dan memakai kancing (5 buah)

6.       Kebaya pahang
Di Pahang pula, baju kebayanya dikenali sebagai baju Riau Pahang atau dipanggil Kebaya Turki, perbezaan Kebaya ini dengan Kebaya lain yang terdapat di Malaysia adalah mempunyai leher berkolar dan berkancing seperti baju kurung cekak musang tetapi bahagian hadapannya juga berbelah seperti baju kebaya yang lain,malah turut dipasangkan kerongsang di bawah kancingnya yang berbutang itu.

7.        kebaya bharu
Di namakan Kebaya Kota Bharu kerana kebaya ini secara tradisinya dipakai wanita-wanita kota bharu dan Kelantan. Apa yang membezakan kebaya Kota Bharu dan kebaya-kebaya lain yang terdapat di Malaysia adalah dibahagian depan dada baju kebaya tersebut ia mempunyai kancing, kebaya kota bharu ini juga mirip kepada kebaya di pulau Jawa terutama di kota Bandung yang di panggil Kebaya Kota Baru.



itulah beberapa pakaian sehari-hari masyarakat melayu yang saya ketahui..setelah mencari dari berbagai macam narasumber....

0 komentar:

Posting Komentar